HOME  |   |  profil  |  preview-review  |  sejarah  |  news  | 

flash

Selasa, 07 April 2009

KIKO MACHEDA


MANCHESTER - Bila ada orang paling berbahagia di dunia saat ini, boleh jadi orang itu adalah Federico Macheda. Ya, pemain muda Manchester United ini berhasil mencetak gol. Yang membuat istimewa, gol itu tercipta di laga perdananya bersama Setan Merah.

Red Devils masih kokoh sebagai pemuncak klasemen Premier League, usai mengalahkan Aston Villa 3-2, malam tadi. Kemenangan itu sekaligus mengakhiri dua kekalahan dari Liverpool dan Fulham. Dan Macheda adalah pencetak gol kemenangan Red Devils.

Keputusan Sir Alex Ferguson memasukan bomber 17 tahun ini di menit 61 menggantikan Nani, cukup dianggap sebagai sebuah perjudian. Siapa Marcheda? United butuh gol dari seorang bomber hebat. Marcheda langsung menjawab pertanyaan itu dengan gol di menit 92. United pun merengkuh tiga angka.

Siapa Federico Macheda? Pemuda kelahiran Roma 22 Agustus 1991, 'Kiko' Macheda mengenal pendidikan sepakbola pertama kali di akademi Manchester United pada pertengahan 90-an.

Macheda melanjutkan latihannya dengan kembali ke Ibukota Italia, dan bermain untuk tim muda Lazio. Bakatnya sudah bisa dilihat staf pelatih Lazio dan pelatih Delio Rossi juga berniat memasukan Marcheda, yang ketika itu masih berusia 16 tahun ke tim senior pada musim panas 2007.

Namun, dia malah memutuskan kembali ke Manchester United. Rumor yang berkembang menyebutkan jika tender yang ditawarkan untuk kontraknya adalah 80.000 poundsterling pertahun. Tawaran ini cukup membuat keluarga Macheda tertarik dan memutuskannya masuk Old Trafford, 1 September 2007.

Lazio mencoba mempertahankan aset berharganya tersebut. Lazio menyebut peraturan pemain muda tidak bisa menandatangani kontrak professional di Italia jika belum berusia 18 tahun, adalah penyebab hijrahnya Macheda.

Tak butuh waktu lama, pemilik nomor punggung 41 ini menembus tim United U-18. Debutnya melawan Barnsley pada 15 September 2007, juga ditandai dengan gol. Dia mengakhiri musim pertamanya di tim U-18, dengan menjadi top skorer dan mencetak 12 gol dari 21 laga.

Macheda menandatangani kontrak profesionalnya padaAgustus 2008, bertepatan dengan ulang tahunnya ke 17. Macheda sendiri masih melanjutkan latihannya dengan U-18, dan disambi berlatih dengan tim cadangan United. Macheda membukukan delapan gol dari delapan laga, termasuk hattrick ke gawang Newcastle United.

Kini Macheda sudah bisa menatap masa depan yang cerah bersama Manchester United, setelah menjadi pahlawan melawan Villa. Akankah Macheda bersinar terang bersama Manchester United?

Biodata:
Nama: Federico Macheda
Tanggal lahir: 22 Agustus 1991 (17 tahun)
Tempat lahir: Roma, Italia
Posisi: Striker
Klub: Manchester United
Nomor: 41

Karier Junior
2007: Lazio
2007-2008: Manchester United
Karier Senior:
2008: Manchester United (1 laga- 1 gol)okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar