HOME  |   |  profil  |  preview-review  |  sejarah  |  news  | 

flash

Selasa, 24 Maret 2009

PROFIL


Zurich, 13/1 (Sports.Roll) - Berikut ini bio-data Cristiano Ronaldo, pemain sayap Manchester United dan Portugal yang dipilih FIFA sebagai pemain terbaik dunia 2008.

Nama :Cristiano Ronaldo

Tanggal lahir: 5 Februari 1985

Tempat lahir: Madeira Islands, Portugal

2002: Memulai debut bersama Sporting Lisbon pada usia 17

2003: Agustus: Mencetak gol pada pramusim dalam laga persahabatan melawan Manchester United sebelum pindah ke Old Trafford dengan nilai transfer 12,42 juta pound.

Mengenakan kostum nomor tujuh (7) yang dipakai David Beckham menyusul pemain tengah Inggris itu pindah ke Real Madrid.

Melakukan debut di United sebagai pemain pengganti ketika timnya menang 4-0 di kandang melawan Bolton Wanderers.

Bermain untuk Portugal ketika menang 1-0 atas Kazakhstan.

1 November : Mencetak gol pertama untuk United ketika menang 3-0 di kandang atas Portsmouth.

1 Desember : Didenda 4.000 pound dalam dengar pendapat komisi disiplin FA karena kelakukannya di Old Trafford menyusul main tanpa gol melawan Arsenal.

2004: Juni, terpilih sebagai pemain terbaik United musim ini.

2005: September, bintang dalam tim Portugal di penyisihan Piala Dunia melawan Rusia, beberapa waktu setelah ayahnya meninggal.

2006: Januari, dilarang tampil dalam satu pertandingan oleh UEFA karena membuat gerakan cabul ke arah pendukung Benfica ketika United kalah 1-2 pada laga Liga Champions di Stadion Light, Desember.

10 Juli, memerotes wasit setelah rekan setimnya di United, Wayne Rooney, berseteru dengan Ricardo Carvalho di perempat final Piala Dunia. Rooney dikeluarkan dari lapangan dan Ronaldo terlihat di televisi mengdipkan matanya di bangku cadangan. Ronaldo mencetak angka kemenangan untuk menggugurkan Inggris.

Pada akhir bulan Juli, Ronaldo menyatakan ingin pindah ke Spanyol setelah diisukan berhubungan dengan Real Madrid.

2007: Setuju dengan lima tahun kontrak baru dengan United.

April, terpilih sebagai pemain terbaik tahun ini dan pemain termuda tahun ini oleh Asosiasi Speak Bola Profesional Inggris (PFA), pemain pertama yang mendapatkan dua penghargaan pada tahun yang sama sejak striker Skotlandia, Andy Gray pada 1977.

Mei, terpilih sebagai pemain terbaik tahun ini oleh Asosiasi Penulis Sepak Bola Inggris, ketika United menjuarai kompetisi Liga Utama Inggris.

15 Agustus, dikeluarkan karena melukai kepala Richard Hughes dari Portsmouth dalam pertandingan liga yang berkesudahan 1-1.

2008: 19 Maret, mencetak dua kali dalam kemenangan 2-0 atas Bolton, sehingga total golnya menjadi 33 dalam musim ini dan ini mengalahkan rekor George Best, si pencetak gol terbanyak musim ini.

April, terpilih sebagai pemain terbaik PFA untuk kedua kalinya setelah tahun sebelumnya.

Mei, membantu United meraih gelar Liga Utama.

21 Mei, mendukung United dalam final Liga Champions melawan saingan mereka di Inggris, Chelsea, di Moskow. Gagal dalam tendangan penalti tetapi United masih unggul penalti. Mengakhiri musim ini dengan mencetak 42 gol.

Juni, United melaporkan Real ke badan sepak bola dunia FIFA karena mengejar Ronaldo.

Juli, menjalani operasi kaki.

Bulan ini juga, ketua FIFA Sepp Blatter mengatakan Ronaldo harus dibiarkan mengikuti keinginannya, karena kalau tetap dipaksakan di Old Trafford, hal itu bertentangan dengan kemauannya dan hal itu merupakan "perbudakan modern" dalam sepak bola.

Agustus, memutuskan tetap bersama United, Ronaldo kembali tampil setelah sembuh dari cederanya. Ia sebagai pemain cadangan dalam permainan tanpa gol di kandang sendiri melawan Villareal di kompetisi Liga Champions.

15 November, mencetak gol ke-100 United melawan Stoke.

30 November , dikeluarkan karena mendapat kartu kuning kedua, karena kelihatan memegang bola ketika bertanding derby melawan Manchester City.

20 Desember, terpilih sebagai pemain terbaik Eropa dan juga memenangi penghargaan Ballon d`Or.

2009: 12 Januari, terpilih sebagai pemain terbaik FIFA 2008, mengalahkan pemain terbaik 2007 Kaka (Brazil), Lionel Messi (Argentina), Fernando Torres (Spanyol) dan Xavi (Spanyol).(इन्दोमानुत्द.कॉम)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar